Apply VISA UK dari Prancis / Negara domisil

Hi. Halo. Apa kabar? 😀

Udah hampir 2 tahun ga nulis, akhirnya ada bahan lagi untuk dibagikan hehe.

Kali ini mau berbagi bagaimana prosesnya untuk apply VISA UK dari negara domisil. Dalam case saya : dari Prancis.

Langsung aja. 

Saya dan suami berencana untuk jalan-jalan ke Inggris sekitar bulan Maret 2023 besok. Setelah cari-cari info, saya sebagai WNI yang tinggal di Prancis, tetap membutuhkan visa walaupun sudah mempunyai kartu residensi dan statusnya adalah istri dari orang Eropa. Lucky untuk suami yang WN Prancis, walaupun Brexit, doi ga perlu visa. Hanya bawa paspor aja. Selesai. Pffft. 

Oh iya karena Brexit ini, even kita adalah spouse (suami/istri) dari orang Eropa tapi jika si orang Eropa tsb TIDAK tinggal di UK, then visa ini tetap berbayar. 😞 Beda dulu sebelum Brexit, masih gratis utk istri/ suami orang Eropa dimanapun mereka berdomisili.

Anyway, akhirnya kita putuskan ada baiknya untuk apply visa ini dari bulan Desember 2022, kurang lebih 4 bulan sebelum pergi.

Tanggal 7 Desember 2022 masuk di website-nya gov uk disini. Setelah baca-baca, saya putuskan untuk apply yang "Standard Visitor Visa" yang 6 bulan karena tujuannya memang hanya jalan-jalan selama seminggu. 😋 Bagi yang mau apply visa yang sama, bisa klik di link ini

Setelah menjawab seluruh isi pertanyaan yang sangat detail tentang kita, yang kurang lebih setelah dijadiin PDF ada 12 halaman pertanyaan 😳 akhirnya diarahkan untuk membayar visa sebesar 100£ atau 121€. 

Saya coba rangkum pertanyaan-pertanyaan pada formulir tsb.
  1. Travel informations : alasan visit (tourism), detail mau kemana aja disana, dan dari tanggal berapa & sampai kapan akan stay di UK
  2. Personal Informations : identitas, email, nomor hp, relationship status, kewarganergaraan, other identity card (atas saran teman yang sudah duluan apply visa UK dari Prancis dan sudah diterima, dia menyarankan untuk mengisinya dengan detail carte de sejour atau kartu residensi Prancis dan bukan Ktp Indonesia), alamat di Prancis, sudah berapa lama tinggal di alamat tsb, status kepemilikan alamat (ngontrak / punya)
  3. Partner details : identitas suami, paspor, kewarganegaraan, apakah akan travelling ke UK bersama saya (ya).
  4. Dependant details : apakah ada anggota keluarga yang bergantung sama saya, siapa itu dan jabarkan status nya, apakah akan ikut travelling juga ke UK atau engga
  5. Parent details : informasi lengkap tentang ayah & ibu saya
  6. Employment : status pekerjaan, tanggal mulai bekerja, nama dan alamat tempat bekerja, job title/ jabatan, gaji perbulan, deskripsi pekerjaan
  7. Income & Expenditure : apakah punya penghasilan yg lain, apakah punya savings, kalo iya berapa jumlah uang dalam tabungan tsb, akan menghabiskan kurang lebih berapa saat di UK, berapa kira-kira total uang yang saya habiskan dalam sebulan.
  8. Accomodation details : apakah ada keluarga di UK, dimana akan tinggal di UK (disini aku jawab "I will stay in a hotel in London once I get my visa approved") 😂 Karena emang hotel di London mahal2 banget 😞 jadi ga booking apapun dulu sebelum visa OK.
  9. Travel history : apakah pernah ke UK 10 tahun terakhir, sejarah traveling ditanya sangat detail, negara apa, kapan, berapa lama.
  10. Other history : legal background apakah pernah tinggal secara ilegal di UK / negara lain, apakah pernah berurusan dengan hukum, terorisme, dll
  11. Current status : visa apa yang sekarang dimiliki di Prancis (permanent residence) dan sejak kapan punya visa tsb (2022)
  12. Harga yang harus dibayar untuk visa ini : 121€
Fiuuhhh.

Setelah selesai isi semua pertanyaan tsb, kita akan diarahkan untuk membayar sebesar 121€. Setelah itu kita akan menerima email yg berisi konfirmasi pembayaran. Klik di link "sign in to my application" untuk melanjutkan ke tahapan berikutnya.


Setelah itu, download checklist dan klik "provide documents & biometrics.
Kita akan diarahkan ke situs TLSContact untuk membuat janji temu (fingerprints dan facial photograph).


Karena TLSContact berada di Paris, maka saya yang tinggal di Lyon harus kesana untuk menyediakan fingerprint dan facial photographs serta menyerahkan paspor saya ke mereka. Mereka lah yang nanti akan mengirimkan paspor kita ke langsung ke Imigrasi Inggris. Jika kita tidak tinggal di Paris, maka setelah paspor kita dikembalikan oleh Imigrasi Inggris ke TLSContact, kita bisa memilih supaya paspor tersebut dikirimkan langsung ke alamat rumah memakai jasa DHL Express. Kita bisa membeli 'produk' ini di situs TLSContact tsb sebesar 33€.

Setelah membayar jasa pengiriman DHL, saya pun memilih janji temu standar dan self service tanggal 9 Januari 2023 pukul 14:00. Self service artinya kita tidak perlu mencetak seluruh dokumen yg diperlukan & membawanya saat janji temu. Kita bisa mengupload sendiri dalam bentuk pdf di situs TLSContact sebelum tanggal janji temu. Self service ini juga sifatnya gratis. Tidak memerlukan biaya tambahan apapun.

Adapun dokumen yang saya upload pada tanggal 4 Januari 2023 adalah sbb :
  1. Paspor
  2. Carte de Sejour 10 ans (kartu residensi Prancis)
  3. Employment evidence
    • work certificat yang dibuat oleh HR tempat kita bekerja, harus ada kop surat lambang tempat bekerja, serta isi yang menjelaskan status dan jabatan, sejak kapan kita bekerja, betul kita adalah pegawai yang masih aktif bekerja di tempat kerja tsb, jumlah gaji perbulan, dan tanda tangan HR,
    • kontrak kerja, 
    • slip gaji selama 6 bulan terakhir (juli s/d desember 2022)
  4. Financial evidence karena tabungan dan rekening sehari-hari saya (rekening gaji) beda maka saya upload 2 rekeneing tsb : 
    • rekening koran tabungan (livret A) 6 bulan terakhir (juni s/d november 2022) 
    • rekening koran sehari-hari (compte courant) 6 bulan terakhir (juli s/d desember 2022)
  5. Family status : 
    • id card & paspor suami, 
    • akte perkawinan Prancis, 
    • livret de famille (KK Prancis), 
    • attestation d'habitation (asuransi apartemen atas nama berdua), 
    • electric bills atas nama berdua
  6. Others
    • Slip gaji suami 3 bulan terakhir (oktober s/d desember 2022), 
    • rekening sehari-hari suami (compte courant) 3 bulan terakhir (okt s/d des 2022), 
    • rekening tabungan suami (livret A) 3 bulan terakhir (september s/d november 2022)
Semua dokumen saya upload dalam bahasa prancis, tidak ada yang diterjemahkan ke bahasa inggris.

Setelah upload semua dokumen, kita tinggal menunggu janji temu.

Pada janji temu, petugas TLSContact hanya memastikan alamat tempat tinggal saya karena saya memilih untuk paspor dikirimkan ke alamat saya setelah visa jadi. Fingerprint dan foto. Tidak ada wawancara seperti di Indonesia. Selesai. Saya kembali ke Lyon sore harinya.
Oh iya, petugas mengingatkan bahwa visa akan jadi dengan delai 4-5 minggu. Mengingat saya akan pergi Maret 2023, dan janji temu saat itu awal Januari 2023, tidak ada masalah. 

Berikut timeline pengurusan visa UK untuk keberangkatan saya di bulan Maret 2023 :
  • 7 Desember 2022 : isi formulir di website gov.uk   dan membayar sebesar 121€
  • 11 Desember 2022 : mengambil janji temu di website TLSContact untuk tanggal 9 Januari 2023 dan membayar jasa pengiriman DHL Express sebesar 33€
  • 4 Januari 2023 : karena saya menunggu slip gaji bulan desember 2022, saya baru meng-upload seluruh dokumen yang dibutuhkan tanggal 4 januari 2023
  • 9 Januari 2023 : janji temu di TLSContact Paris, kurang lebih 45menit, foto dan sidik jari
  • 10 Januari 2023 : paspor sudah tiba di Liverpool, UK menunggu keputusan visa
  • 17 Januari 2023 pukul 10 pagi : Paspor sudah diterima kembali oleh TLSContact Paris, menunggu dikirimkan oleh DHL ke alamat saya di Lyon 
  • 17 Januari 2023 pukul 15 sore : Paspor diambil oleh DHL dan dalam perjalanan menuju Lyon
  • 18 Januari 2023 pukul 11 pagi : Paspor saya terima dengan baik, dan puji TUHAN, Visa UK sudah tertempel manis di Paspor 😭💖 Berlaku dari bulan Maret s/d September 2023, multiple.


Sekian pengalaman saya apply visa UK dari negara domisili saya. Prosesnya cukup cepat hanya 1 minggu. Padahal saya kira betul-betul harus menunggu 4-5minggu. Hehe. Total yang saya habiskan untuk visa UK ini adalah 121€ + 33€ (pengiriman paspor dengan DHL) = 154€ diluar tiket PP Lyon-Paris (44€) untuk janji temu di TLSContact.

Ditunggu pengalaman apply visa ke negara lain berikutnya. 😍
Terima kasih dan selamat membaca. Bonne journée ! 

Commentaires

  1. Thank you for sharing that. We are a couple of French-Indonesian living in Paris but travelling a lot and following you in your administrative adventures.
    We often go stay to Antalya in Turkey which has a visa free for Indonesian :-) so if you want to visit us one day feel free.
    And also, we went to Tunisia, and the visa process is also a bit tedious if not familiar but now we have experience with it.

    RépondreSupprimer
  2. kak, blog mu sungguh sangat membantu buat aku yg baru mau stay di prancis,,, merci beaucoup

    RépondreSupprimer

Enregistrer un commentaire

Articles les plus consultés