Legalisir Akte Lahir di Kemenkumham & Kemenlu - ONLINE


Hello!
Lanjut bahas gimana caranya legalisir akte lahir di Kemenkuham dan Kemenlu secara online ya.

"FYI, pengalaman ini aku share untuk temen-temen yang mau mencoba mengurus sendiri legalisir di kedua Kementerian tsb tanpa meggunakan jasa agen DAN berdomisili / ada waktu untuk ke Jakarta. Walaupun sudah sistem online, kehadiran kita (atau perwakilan) DAN dokumen asli yang mau kita legalisir tetap diperlukan saat pengambilan stiker di Kemenkumham maupun Kemenlu."

"Legalisir Akte lahir ini diperlukan untuk keperluan TINGGAL DI LUAR NEGERI, misalnya untuk pembuatan Resident Card (Titre/Carte de Sejour utk yang di Prancis), asuransi kesehatan, lanjut sekolah, dll.)


Kenapa harus dilegalisir? Karena sebetulnya, yang dibutuhkan di negara tujuan adalah Akte lahir yang sudah di terjemahkan oleh penerjemah tersumpah ke dalam bahasa negara tujuan tsb. Setelah itu, akte terjemahan tsb harus dilegalisir oleh Kedubes negara yang bersangkutan supaya lebih disahkan lagi. Nah biasanya, Kedubes tidak akan melegalisir Akte lahir terjemahan kalau Akte lahir ASLI belum dilegalisir oleh Kemenlu. Dan Kemenlu tidak mau melegalisir kalo belum dilegalisir oleh Kemenkumham." 

Sistem online di dua kementerian ini juga berlaku untuk legalisasi dokumen yang lain. Tidak hanya akte lahir saja, tetapi juga dokumen lain seperti ijazah, transkrip nilai, akte/buku nikah, dllProsesnya sama hanya dokumen aja yang beda.

Jadi intinya, dimulai darimana perjalanan kita melegalisir dokumen-dokumen penting ini? Step-stepnya adalah sbb :
Kemenkumham → Kemenlu → Terjemahin bolak-balik ke dalam bahasa negara yang dituju (dalam hal ini bahasa Prancis, terjemahin juga halaman yang sudah ada legalisir dua kementerian tsb) → Kedubes negara bersangkutan (case aku : Kedubes Prancis)

Tapi, gimana kalo kita udah keburu terjemahin duluan sebelum di legalisir seperti yang aku alamin? Haha. No worries. Puji Tuhan, aku terjemahin akte lahir ku lewat Pak Soegeng, penerjemah tersumpah bahasa Prancis yang pastinya diakui oleh Kedubes Prancis dan di sumpah oleh Gubernur DKI Jakarta dan Pak Soegeng ini sudah mendaftarkan tanda-tangannya di Kemenkumham. Jadi, kita BISA melegalisir akte terjemahan kita juga langsung di Kemenkumham dan Kemenlu

Anyway, lanjut ya...

Jadi sekarang sistem Kemenkuham udah online, so kita harus daftar untuk legalisirnya pun melalui online. Better sih dan lebih cepat juga proses legalisirnya, ribetnya juga karena mungkin sistem baru dan belum banyak yang familiar. Jadi hasil legalisir onlinenya adalah stiker, bukan cap lagi.
Untuk biaya legalisirnya, baik di Kemenkumham maupun di Kemenlu harganya sama yaitu Rp.25.000,-/lembar (per April 2018). Dan stepnya harus dilegalisir di Kemenkumham dulu baru setelah itu di Kemenlu.

So, berikut langkah-langkahnya legalisir di Kemenkumham :


  1. Buka situs : http://legalisasi.ahu.go.id/site/login → registrasi (buat akun)
  2. Setelah buat akun, buka email yang kita daftarin tadi dan verifikasi
  3. Login dengan username (bukan email, kecuali username kita buat sama dengan email) dan password 
  4. Setelah masuk, bisa download panduan permohonan legalisasi secara online atau bisa didownload disini.
  5. Ikutin langkah-langkah yang udah dijelasin secara lengkap dan jelas di buku panduan tersebut.
  6. Setelah selesai upload dokumen dan menyelesaikan semuanya, kita tunggu proses verifikasinya kurang lebih 1x24 jam. (Kusarankan untuk registrasi dan upload semuanya di sore atau malam hari, supaya besok paginya bisa langsung di verifikasi oleh Kemenkumham)
  7. Kalo sudah di verifikasi, biasanya langsung akan dikirim voucher untuk melakukan pembayaran, nah voucher ini yang bisa kita download trus diprint ato tunjukkan aja lewat HP saat melakukan pembayaran. Oh iya, pembayaran ini masa berlakunya 3 hari, jadi kalo sudah ga sempat ke Bank, bisa bayar besoknya, asal ga lebih dari 3 hari.
  8. Pembayaran HARUS melalui teller bank dan bank yang melayani pembayaran legalisasi Kemenkumham hanya Bank BNI dan Bank BJB secara cash, bukan debit. (Aku waktu itu bayar di Bank BNI, semua cabang bisa, yang penting bayar harus lewat teller.) 
  9. Setelah bayar, simpan bukti pembayaran dan bisa langsung ke Kantor Kemenkumham yang ada di Gedung CIK's, Jl. Cikini Raya No. 84-86, Menteng, Jakarta Pusat.
  10. Datang langsung dengan membawa akte asli (dan atau terjemahan kalo mau dilegalisir juga) dan bukti pembayaran di Bank, ambil nomor antrian (ini hanya formalitas aja sih), langsung ke loket nomor 2
  11. Jelasin ke mbak/mas-nya bahwa kita mau legalisir akte lahir secara online dan sudah bayar. Nanti bukti pembayarannya dikasi ke mbak/mas loket 2, dan kita menunggu kurang lebih 10 menit
  12. Et voilà! Stiker legalisir Kemenkumham sudah jadi dan siap untuk di tempel di halaman belakang Akte lahir kita yang asli


Setelah dilegalisir di Kemenkumham, berikutnya legalisir di Kemenlu.
Hampir sama dengan Kemenkumham yang sudah mengadopsi sistem online, Kemenlu pun sudah mulai memakai sitem online juga. Bedanya, kalo Kemenkumham masih diakses lewat web (google chrome, safari, samsung internet), kalo Kemenlu sudah ada applikasinya sendiri yang bisa di download di Google Play Store. Aku gatau apakah ada di Iphone app store juga, karena aku sendiri pengguna setia Android :p

Nah untuk Kemenlu, aku saranin untuk registrasi, membuat permohonan dan upload dokumen pada waktu s
ubuh. Supaya bisa dilegalisir paginya (saat sudah memasuki jam kerja) dan bisa langsung membayar di hari atau tanggal yang sama.

So, berikut langkah2 legalisir akte lahir di Kemenlu :

  • Foto dulu akte lahir (atau dokumen lain) halaman depan dan belakang (yang ada stiker legalisir kemenkumham-nya)
  • Lalu buka "Google Play Store" di Android kita, download applikasi "Legalisasi Dokumen Kemlu" 
  • Buka applikasinya trus register atau sign up.
  • Setelah itu klik di kiri atas (klik di 3 garis) trus pilih "buat permohonan".

  • Pilih tempat :
    • Intansi Tempat Permohonan Kementrian Luar Negeri RI 
    • Negara Tujuan → Pilih negara yang dituju (aku pilih France)
    • Tambah Dokumen pilih Akte lahir/KK (atau Terjemahan asing) 
    • Upload dokumen → ambil foto halaman depan & belakang akte lahir kita  
    • Isi Keterangan Dokumen sesuai dengan data di Stiker Legalisir Kemenkumham ; 
      • Nomor Pengesahan = Nomor Stiker
      • Nama Pengesah = Nama Direktur Perdata yang tanda tangan di Stiker legalisir Kemenkumham
      • Instansi/Lembaga = Kementrian Hukum dan HAM) → Muncul pilihan apakah mau tambah dokumen lagi, kalo engga→ Tanda tangan (nanti langsung ttd) → Selesai → Klik Tanda Refresh yang ada di kanan atas → Tunggu sampe ada pemberitahuan "Transfer Data Berhasil."


  • Setelah itu kembali ke beranda dan cek "Pemberitahuan."
  • Tunggu verifikasi 2-3 jam
  • Cek "Pemberitahuan" untuk tau kapan Upload Pembayaran. Kalo sudah diverifikasi, nanti akan di kasi tau permohonan legalisasi diterima atau ditolak. (Biasanya kalo ditolak karena fotonya kurang jelas, jadi kita harus buat permohonan ulang.
  • Lakukan pembayaran melalui rekening Bank Mandiri lewat Teller Bank Mandiri. (Belum ada informasi apakah bisa lewat ATM, internet banking atau mBanking, jadi kita main aman aja langsung bayar ke Teller Bank Mandiri).  Pembayaran harus di lakukan di hari atau tanggal yang sama saat upload, setelah dokumen diverifikasi tentunya! (Makanya aku saranin, upload saat subuh, jadi bisa cepat diverifikasi hari itu juga dan bisa langsung bayar di Teller Bank Mandiri) 
  • Foto bukti pembayaran halaman depan dan belakang (kalo aku, karena fotonya jadi terpisah atau ada 2 foto, ku gabungkan dulu jadi satu di applikasi edit foto (karena hanya bisa upload 1 foto)) dan upload di opsi "Upload Bukti Pembayaran". Jangan lupa klik tanda refresh pada kanan atas setelah upload bukti pembayaran sampai muncul notif "Update Data Berhasil"
  • Setelah itu, tunggu verifikasi pembayaran kurang lebih 1 - 2 jam. Buka opsi "Pemberitahuan" untuk mengetahui verifikasi pembayaran.
  • Buka opsi "Permohonan Selesai" untuk memastikan lagi verifikasi pembayaran berhasil.

  • Sesuai pemberitahuan pada verifikasi pembayaran, kita tinggal menunggu 1 hari kerja dan bisa langsung datang ke Kemenlu di Jl. Taman Pejambon no. 6, Jakarta Pusat (Dekat Hotel Borobudur) pada jam 10:00 pagi dengan membawa langsung akte kelahiran asli (dan akte terjemahan) atau dokumen yang sesuai dengan yang ingin kita legalisir dan bukti pembayaran, ditaruh di dalam map berwarna kuning.
  • Besoknya, bisa langsung datang ke Kemenlu pukul 08:00 (walaupun di pemberitahuan menuliskan pukul 10:00, aku saranin untuk datang pagi hari saat Kemenlu buka.) 
  • Ambil nomor antrian, dan menunggu sampai di panggil, lalu serahkan dokumen ke loket 4.
  • Menunggu lagi. 😄 tidak seperti di Kemenkumham yang setelah menyerahkan bukti pembayaran (tanpa menyerahkan dokumen asli) dan menunggu hanya 10 menit, di Kemenlu kita menyerahkan dokumen asli yang akan dilegalisir dan bukti pembayaran yang dimasukkan kedalam map kuning dan menunggu selama kurang lebih 4-5 jam! Haha yes. 
  • (UPDATE!! Tanggal 5 November 2018 lalu aku melegalisir salinan lengkap akta perkawinan, dan ternyata setelah menyerahkan dokumen ke loket 4, kita hanya menunggu 10 menit! Good Job, Kemenlu. God bless you! :)
  • Et voila! Stiker Kemenlu sudah ditempel. 



Nah, untuk waktunya sendiri, aku mulai hari Senin. 
  1. Senin pagi buat permohonan online di web Kemenkumham → nunggu 5-6 jam untuk proses verifikasi dan pengiriman voucher pembayaran → dokumen ter-verifikasi dan voucher pembayaran dikirim pada sore harinya (which is udah telat untuk bayar di teller Bank)
  2. Selasa pagi ke Bank BNI untuk bayar → setelah itu langsung ke Gedung CIK's Kemenkumham → nunggu 10 menit → Stiker legalisir Kemenkumham sudah jadi & bisa ditempel.
  3. Rabu subuh (jam 01:00) buat permohonan online di applikasi Kemenlu → paginya (jam 07:30) dokumen sudah diverifikasi dan disuruh membayar → langsung ke bank Mandiri untuk bayar → upload pembayaran di applikasi → nunggu 30 menit → pembayaran diverifikasi/valid → dapet pemberitahuan kalo stiker bisa diambil satu hari kerja
  4. Besoknya, hari Kamis pagi (jam 10:30) nyampe di Kemenlu → ambil nomor antrian, tunggu dipanggil, serahkan dokumen asli yang ingin dilegalisir dan bukti pembayaran di dalam map kuning di loket 4 → nunggu (kurang lebih 4 jam) (UPDATE!! Per tanggal 5Nov2018, menunggu hanya 10menit!) sore (jam 14:30) nama dipanggil → stiker legalisir Kemenlu sudah ditempel.
Langkah selanjutnya adalah legalisir di Kedubes Prancis yang bisa dilihat disini
Kalo teman-teman ingin membaca legalisir yang paling terbaru, bisa mampir ke blog-nya temanku : http://suamikubuleeropa.blogspot.com/2019/03/legalisir-terjemahan-aku-pindah-negara-1.html
BON COURAGE! 😇
💢Instagram : @laviedelika

Commentaires

  1. mba mau tanya untuk legalisir akte itu sebenernya ada waktu expirednya ga?kaya hanya berlaku setahun atau 3 bulan gitu?

    terima kasih

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. halo mbak, maaf baru sempat membalas komennya. setau saya gaada waktu expirednya mbak. good luck! :)

      Supprimer
  2. Halo, mau tanya, karena saya tinggal di Surabaya, apakah kita bisa bayar 25rb nya di Bank BNI Surabaya Juni ini, lalu ke Jakarta July ini untuk stiker legalisir di Kemenkumham? Jadi di selesaikan dulu semuanya di Surabaya secepatnya, terus July tinggal ke kantornya.. Merci

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Halo mbak salviana, saranku lebih baik menunggu sampai bulan july saja untuk melakukan pendaftaran di kemenkumham & pembayarannya. Mungkin bisa dilakukan sehari sebelum berangkat ke Jakarta / 1 hari setelah sampai di sini. Prosesnya verifikasinya cepat kok. Takutnya kalo dari sekarang dan diambilnya terlalu lama, stiker mbak tertumpuk di berkas mereka dan hilang sehingga mbak harus mengurus lagi dari awal. Bon courage! :)

      Supprimer
    2. Hello, saya tinggal di malang, apakah stiker legalisir dari kemkumham dan kemenlu bisa diambil di kantor wilayah jawa timur? Apakah harus datang ke jakarta untuk ambil stikernya.
      Merci.

      Supprimer
    3. Mohon maaf mbak/mas, saya kurang mengerti, karena saya kebetulan domisili di jakarta dan langsung mengurus di kemenkumham dan kemenlu Jakarta.

      Supprimer
    4. Bantu jawab ya.mbak harus datang ke kemenkumham dan kemenlu di jakarta

      Supprimer
  3. Hi mba thank you infonya, aku mau nanya deh. aku barusan banget registrasi dan udah mau upload dokumen nih (ijazah) yg sudah diterjemahkan oleh sworn translator. Ada bberapa pertanyaan yang mau aku tanya ;

    1. Aku bawa asli yg sudah di translate saja atau yang belum di translete juga dibawa?
    2. Di web tertulis No Dokumen, itu nomor dokumen apa ya mba? Soalnya ijazah aku gak ada nomornya.
    3. Tanggal Dokumen, itu tanggal di translate nya atau bagaimana ya mba?

    Terima kasih banyak ya mba sebelumnya.

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. halo mbak Bonita, mohon maaf baru sempat membalas.
      1. Tetap bawa yang asli, mbak. Dan lebih baik dibawa keduanya, baik ijazah asli bahasa indonesia maupun ijazah yang sudah diterjemahkan oleh sworn translator.
      **oh ya, pastikan lagi asal sekolah / universitas mbak adalah sekolah / universitas negeri yah, karena jika asal pendidikan mbak dari swasta, maka legalisir dulu di kemristekdikti, baru ke kemenkumham dan kemenlu ;)
      2. Nomor dokumen = nomor ijazah, mbak. Pasti ada, coba diteliti lagi :)
      3; Betul, mbak. Tanggal dokumen = tanggal translate.

      semoga membantu

      Supprimer
  4. Halo Mbak Elika,

    Terima kasih untuk post-nya yang sangat lengkap dan informatif. Aku ada pertanyaan nih, tolong dibantu dijawab ya!

    Saya akan menerjemahkan Akta Kelahiran terjemahan ke Kemenkumham dan Kemenlu, lalu ke Kedubes Perancis. Nah untuk dokumen yang dilegalisir seperti ini apakah cukup untuk pengajuan CAF (Caisse Allocations Familiales) di Perancis?
    Apakah saya perlu juga melegalisir Akta Kelahiran Lama (bukan yang dwi bahasa) di Kemenkumham dan Kemenlu supaya bisa diterima juga untuk dilegalisir oleh Kedubes Perancis?

    Terima kasih.

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Bonjour mas, mohon maaf baru membalas. Lebih baik legalisir dulu di kemenkumham dan kemenlu baru di translate bolak balik. Kemudian baru di legalisir kedubes prancis.
      Akte lahir yang asli yang sebaiknya dilegalisir mas. Yang sudah dwibahasa ataupun yang keluaran lama. Bon courage!

      Supprimer
  5. Sedikit bingung. Tapi aku akn pljri lg agr tdk bingung...

    RépondreSupprimer
  6. Halo Mba Elika,

    Setelah saya check, aplikasi legalisasi Kemenlu itu tidak ada di App Store. :( Nah, yang mau saya tanya, untuk legalisasi secara langsung (offline) ke Kemenlu masih bisa kan ya mba?

    Terima kasih.

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Halo mbak, mohon maaf baru membalas. Waktu saya legalisir bulan april kemarin, orang2 yang datang langsung utk legalisir, tetap disuruh untuk download applikasinya dan dilakukan secara online. Mungkin sekarang sudah online semua. Semangat ya mbak!

      Supprimer
  7. Hallo Mbak Elika,
    Saya mempunyai pertanyaan, bagaimana jika kita tidak bisa datang di jadwal yg telah ditentukan oleh kemenlu untuk pengambilan cap legalisirnya? Terima Kasih sebelumnya.

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Halo mbak, mohon maaf baru membalas. Saya kurang tau mbak? namun menurut saya sepertinya tidak apa2. Asal hanya lewat sehari 2 hari, sepertinya masih bisa.

      Supprimer
  8. Halo mba Chelin, bantu jawab ya, kebetulan saya sudah dr kemenlu. Kemarin itu saya jg ga bisa ambil stiker legalisir di hari yg ditentukan kemenlu, jadi saya tanya, apakah saya bisa ambil besoknya. Dijawab bisa. Oh ya, saya urusnya ga pake aplikasi, karena saya iOS user. Jadi langsung ke kemenlu. :)

    RépondreSupprimer
  9. Halo Kak Elika,

    Saya mau tanya kalau Akte kelahiran saya sudah terlaminating, apakah dapat dilegalisir.

    Terimakasih untuk jawabannya.

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Bisa tpi nnti laminatingnya di sobek/gunting. Ktena kmaren sy juga akte ada laminatingnya #bantu jawab

      Supprimer
    2. Terimakasih sudah membantu menjawab, Mbak Nur Arikah! :)

      Supprimer
  10. Kak, mau tanya pembayarannya harus lewat bank ya? Ga bisa lewat atm? Soalnya lebih simpel~

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Halo fadhil12, mohon maaf baru membalas. Sampai terakhir saya melegalisir akte nikah di kemenkumham maupun kemenlu tanggal 5 November 2018, semua pembaayaran saya lakukan melalui teller bank dan cukup simple kok. Kemarin saya lupa bertanya apakah sudah bisa menggunakan ATM atau belum, tetapi lebih amannya ya ke melalu teller bank saja. :) Salam.

      Supprimer
  11. Halo kak , mau tanya sebelum legalisir dikemenkuham hrs dilegalisir di dukcapil dulu atau gak ya? Trus yg dilegalisir akte yang aslikan ya? Brarti nnt dukcapul legalisir akte asli gitu?

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Halo, maaf baru sempat membalas. Kalau ingin melegalisir AKTE ASLI, maka langsung saja dibawa ke kemenkumham lalu kemelu. Tetapi kalau yang ingin dilegalisir adalah copy-annya, maka COPY tsb HARUS dilegalisir dulu oleh dukcapil. Semoga membantu.

      Supprimer
  12. Hai mba. .
    Postinganya sangat membantu..
    Mba aku mau legalisir bbrp dokumen. .
    Sy domisili di makassar.
    Rencana sblm sy ke jkt sy daftar dan apply semua dokumen melalui web kemenhumkam dan kl sdh sls sm urusan pembayaran hari kamis pagi sy ke jkt, setiba dijkt sy lgs ke gedung ciks unt pengambilan stiker dan stlh dpt sy lgs apply melalui app kemlu di kamis, yg sy mau tanyakan kira2 hari jumat sy sdh bs dpt sticker dt kemlu ya ?

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. halo mbak, apa kareba! :)
      Wah waktunya terlalu mepet mbak, lebih baik dipersiapkan dari hari selasa, jadi hari rabu selesai dari kemenkumham, langsung apply kemenlu, jelek2nya jadi hari jumat. Bisa. Semangat ki mbak di'!

      Supprimer
  13. Kak saya akan ikut suami yang kuliah di Mesir, sedangkan kami harus legalisasi akta nikah. Yang harus kami legalisasi itu apa saja ya kak? Kami sudah legalisasi 2 akta nikah dan 1 copy akta nikah di kemenkumham... Sedangkan terjemahnya kami belum legalisasi .. Di aplikasi legalisasi kemenlu kita pilih opsi legalisasi akta nikah kan kak? Apa harus kita tambah dokumen lagi dan pilih akta nikah lagi supaya yang di legalisasi itu bukan 1 buku nikah saja? Mohon bantuannya ya kak, trimakasih kak

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. halo mbak, mohon maaf saya kurang bisa membantu, karena saya hanya legalisasi akte nikah yang hanya 1 lembar :( huhu tetapi dicoba dulu saja mbak. mudah2an di terma. Semangat mbak!

      Supprimer
  14. Mbak Elika,
    Thanks info di blognya ini. Sangat bermanfaat.
    Anyway, saya mau bertanya, apakah Document yang diupload via online di Kemenkumham harus ada stamp dari Notaris dulu?
    Terima kasih.

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Halo, terima kasih. Ga harus mbak. Kecuali kalau akte tersebut akte lama yang pegawai pemerintahannya (kepala disdukcapilnya) sudah pensiun/sudah meninggal/tidak terdaftar di kemenkumham. Itu yang harus dilegalisir notaris lagi. Semoga membantu.

      Supprimer
  15. halo mbak Elika, terima kasih informasinya, sangat bermanfaat.

    saya ada pertanyaan. saat ini saya ada di stage pengajuan ke kemenlu melalui aplikasi. namun selalu balasan dari aplikasi bahwa permohonan ditolak karena gambar tidak jelas. padahal saya sudah scan dengan kualitas terbaik. kira-kira waktu dulu upload mbak Elika seperti apa ya filenya ? apa ada size atau ukuran tertentu ?

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Halo mas Faris, oh iya terimakasih, pertanyaan yang sangat bagus. Akan saya tambahkan di blog saya. Jadi selain mas upload scan full dokumen yang akan dilegalisr, mas juga harus meng-upload foto/scan close-up dari stiker legalisir kemenkumham mas. Karena darisitu yang nanti mereka akan pastikan datanya. Semoga membantu. Semangat mas.

      Supprimer
    2. dijadikan satu file mbak scan akte depan dan stiker legalisirnya ? boleh ditambahkan di post gambar scanannya kah ? karena di aplikasi legalisasi setelah upload gambar scanan, perlu ada crop dan sepertinya gambar saya jadi kualitasnya jelek setelah crop tersebut karena bentuk cropannya horizontal

      Supprimer
    3. Maaf baru membalas, Mas Faris. Nah kalo saya, saya crop dulu mas pake applikasi edit foto. Setelah itu baru saya upload. Jadi saya ga nge-crop dari applikasi nya Kemenlu.

      Supprimer
  16. Mbak, itu kantor kemenkumham di jl.cikini? Bukan di rasuna said?

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Halo, ya betul mbak/mas. Untuk legalisir dokumen, Kemenkumham sekarang berada di Gedung Cik's, Jl. Cikini Raya.

      Supprimer
  17. Halo mau nanya dong. Proses totalnya 4anhari ya?.

    Klo satu hari jadi kemungkinan bisa ngga yah? Karena saya uda mepet banget ni.

    Makasih :))

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Halo. Wadaw! 4 hari itu juga udah luar biasa cepet loh mbak/mas hehe. Sebaiknya siapkan waktu saja ya karena 1 hari TIDAK AKAN mungkin cukup waktunya utk legalisir di 2 kementerian tsb.

      Supprimer
    2. Kak mau nanya lagi. Klo kemenlu proses verifikasinya brp hari ya?
      1 hari bisa ngga yah ?
      Pliss jawab yah kakk

      Makasiih:))

      Supprimer
    3. Halo hehehe, sepertinya aku udah uraikan secara lengkap diatas , dibaca lebih teliti lagi ya :) hehe tp gpp akan aku jawab lagi. Perlu kurang lebih 2 hari untuk legalisir kemenlu. Contoh : hari ini subuh2 upload & submit dokumen ke applikasinya Kemenlu. Menunggu, paginya di acc oleh kemenlu dan ada instruksi bayar, langsung bayar ke teller BANK MANDIRI (gatau bisa lewat ATM ato engga, aku selalu bayar di teller), upload bukti pembayaran, lalu siangnya dapet notif pembayaran diterima & dokumen dpt di bawa ke Kemenlu utk dilegalisir 1x24 jam yang artinya besoknya. Semoga sudah jelas ;)

      Supprimer
  18. halo mau tanya, itu yang dilegalisir cuma yang asli apa yang versi terjemahannya juga ya? thx :D

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Halo Mbak Ezra. Sepertinya saya sudah menjelaskan diatas ya hehe. Yang saya legalisir adalah akte asli DAN versi terjemahan, karena saat saya menerjemahkan akte asli belum sempat di legalisir. Lucky nya adalah, penerjemah tersumpah yang melegalisir akte saya sudah terdaftar namanya di keemenkumham, makanya saya pun bisa melegalisir versi terjemahannya langsung. SEHARUSNYA, stiker legalisir kemenkumham dan kemenlu diterjemahkan juga kedalam bahasa yang diinginkan, makanya lebih baik, legalisir akte asli dulu baru diterjemahkan. Dalam kasus saya, justru kebalikan. hehe semoga membantu.

      Supprimer
  19. halo mau tanya. Saya rencana legalisir akta lahir saya untuk studi ke Perancis bulan depan. Akta lahir saya masih yang lama (keluaran 1991). Ada 2 pertanyaan:
    1. Apakah akta lahir lama masih bisa dilegalisasi? Atau apakah perlu diperbarui ke yang dwi-bahasa?
    2. Untuk akta lahir terjemahan Perancis, akan ada 3 legalisasi dari Kemenhumkam, Kemenlu, dan Kedutaan Perancis?

    Terima kasih

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Halo, Mas Tonny. Trimakasih untuk pertanyaannya.
      Saya coba jawab pertanyaannya satu persatu ya.

      1. Kalo bisa diperbarui, lebih baik diperbarui saja mas. Karena yang terbaru selain sudah dwibahasa (b.inggris dan b.indonesia) juga akan di tanda tangani oleh kepala disdukcapil terbaru dan sudah terdaftar di web kemenkumham, jadi nantinya tidak akan merepotkan mas-nya lagi. Akte yang lama masih bisa di legalisir. Kalau sudah di laminating, halaman belakang laminating bisa dibuka. Hanya, sepertinya mas perlu ke notaris lagi untuk minta tanda tangan, karena belum tentu kepala disdukcapil yang menanda-tangani akte lama mas, tanda tangannya sudah terdaftar di kemenkumham. Tapi untuk proses tanda-tangan notaris di akte lama saya kurang tau prosesnya gimana.

      2. Betul mas. Untuk jaga-jaga saja, AKTE LAHIR ASLI yang sudah di legalisir kemenkumham dan kemenlu + AKTE LAHIR TERJEMAHAN (bahasa prancis) sebaiknya dilegalisir oleh Kedubes Prancis juga. Proses legalisir di Kedubes Prancis sudah aku share juga di blog ini, silahkan dicek :)

      Supprimer
  20. Hallo Mbk Elika, terima kasih infonya, sangat bermanfaat !
    Mau tanya untuk datang ke kementrian tsb, pengambilan stikernya apakah bisa diwakilkan ?

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Halo mbak Ellisa. Bisa mbak, tp tetap harus membawa dokumen yg akan dilegalisir ya. Asli / Fotocopy. Ato dua-duanya kalo memang dilegalisirnya dua-duanya. Saran saya, untuk lbh amannya, mbak buat surat kuasa juga aja utk orang yang mewakilkan. Takutnya Kemenkumham/Kemenlu minta. Semangat, mbak!

      Supprimer
  21. Terima kasih untuk infonya, Mbak. Apakah Mbak pernah legalisir akte lahir? Perlukah dilegalisir di pengadilan negeri sebelum ke notaris? Dan juga untuk ijazah, apakah perlu dilegalisir di universitas sebelum dilegalisir di notaris untuk selanjutnya ke menkumham dan menlu?

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Halo, mbak. Selamat Tahun Baru. Hehehe coba dibaca lagi yhaaa, di artikel ini saya memang bahasnya AKTE LAHIR lho. ;) Untuk Ijazah juga ada di blog ini. Ayo mbak, rajin2 membaca yang teliti ya. :)

      Supprimer
  22. Pagi mba..saya mau legalisir sim internasional di kemkumham,itu langsung aja atau sebelum ke kemkumham ke instansi mana dulu ya

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. halo mbak, wah mohon maaf mbak kalo legalisir sim saya kurang tau. Mungkin bisa diicoba dulu aja, daftar online di kemenkumham seperti cara yg sudah saya jabarkan diatas.

      Supprimer
  23. Hallo mbak nanya dong, jadi yang dilegalisir itu akta lahir atau Salinan Lengkap Akta Lahir??? Karena di sebagian web aku baca syaratnya Salinan Lengkap Akta Lahir. TOlong dibalas ya mba. makasi

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. halo mbak, kalo di blog ini aku membagikan pengalamanku sendiri melegalisir KUTIPAN akta lahir & Salinan Lengkap Akta PERKAWINAN :)

      Supprimer
    2. Hello elika, numpang nanya...untuk legalisirnya apa harus di Jakarta atau bisa di cabang ex. Bali karena saya dari Bali

      Supprimer
    3. Halo, setau saya legalisir harus langsung di kemenkumham & kemenlu Jakarta. Good luck.

      Supprimer
  24. Halo, Mbak. Saya mau nanya, diaplikasi legalisasi kemenlu saya diminta datang pukul 1 siang. Kalau misalnya saya datang pukul 9 pagi kira-kira apakah bisa? Saya udah menyelesaikan pembayaran, jadi tinggal mengambil stiker yang di kemenlu. Makasih, Mbak

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Halo mbak Pretty. Ya bisa mbak. Waktu itu saya disuruh datang jam 10 tapi sudah kesana dan menyerahkan dokumen jam 8:30, tetap diterima. Yang penting di hari yang sama sesuai sama yang mbak terima aja di applikasi aja.

      Supprimer
  25. Terima kasih banyak loh infonya berguna sekali, apalagi ada info specific timing-nya. Saya lagi di tahap pembayaran hasil verifikasi online kemenhumkam. Semoga lancar terus sampai kemenlu. Sukses terus!

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Oya, kalau legalisir di kemenhumkan dan kemenlu mewakili orang lain juga, apakah harus bawa surat kuasa ya? Atau cukup bawa dokumen aslinya?

      Supprimer
    2. Ternyata tidak perlu pakai surat kuasa di kemenhumkam, bisa diwakili oleh orang lain asal bawa dokumen yg mau dilegalisirnya dan bukti bayar dari banknya.

      Supprimer
    3. Setelah berjuang upload bukti pembayaran di aplikasi Android Legalisasi Kemenlu (berkali2 gagal Not Responding, tapi dicoba terus sampai muncul message box Update Data Berhasil), akhirnya verifikasi pembayaran diterima/valid. Saya bayar melalui mobile banking dari bank lain ke Mandiri. Berarti tidak perlu setor langsung ke bank Mandiri.

      Supprimer
    4. Juga, jika pembayaran kita sudah terverifikasi, tidak harus diambil di hari yang sama, tapi “Stiker Legalisasi dapat diambil paling cepat satu hari kerja setelah menerima pemberitahuan ini”. Jadi diambil kapan pun juga bisa, hanya paling cepat keesokan harinya.

      Supprimer
    5. Ok tadi beres dari kemenlu, datang jam 13:00 selesai sekitar jam 13:20 an. Dokumen asli (dalam kasus saya adalah paspor) tidak perlu ditunjukkan dan bisa diwakilkan tanpa surat kuasa, hanya tulis nomor permohonan yg dari aplikasi dan nama pemohonnya. Selesai, tinggal dibawa ke kedubes China. Oya bagi yg mau legalisir paspor di kedubes China, tempatnya di gedung The East (lt. 8 jam operasional jam 09-00 - 15:00) bukan di Gedung Kedubes RRC. Juga jgn lupa di cap dan ttd notaris harus ada tanggalnya, jd minta dobel cek ke notarisnya. Form juga ada dua (minta penjaganya) di kedubes China yg harus dittd basah oleh pemohon (ttd tidak bisa diwakilkan). Penyerahan dokumen dan pengambilan dokumen di kedubes China bisa diwakilkan tanpa surat kuasa. Utk form bisa kontak saya di jeafgilbert(at)gmail(dot)com. Sekian infonya, semoga berguna.

      Supprimer
    6. Wahhhh.. trimakasih banyak informasi tambahannya mas/mbak JG! Mohon maaf saya sdh jarang update di blog jd jarang buka. Puji Tuhan berarti sudah selesai ya. Sukses terusss mas/mbak JG. 😊

      Supprimer
  26. Halooo.. Mau tanya.
    Untuk dokumen yg sudah diterjemahkan oleh sworn translator dan juga sudah dilegalisir oleh notaris, nama pejabat publik yang menandatangani dokumen itu sworn translator atau notaris ya?
    Terima kasih.

    RépondreSupprimer
  27. Kalo aku sih nama notarisnya, jangan lupa misal nama notaris gaada autofill di website, download form spesimen tanda tangan buat diisi sama notarisnya ya

    RépondreSupprimer
  28. Ijin bertanya, sya mau meleges akte kelahiran, tapi saya di luar propinsi, dan apa bisa melegalisir akte kelahiran dengan cara di wakilkan, dan apa ada persyaratan nya ??

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. bisa, persyaratan sama; cuma mungkin sertakan juga surat kuasa.

      Supprimer
  29. siang ka, saya mau tanya.
    kalau misalkan yang di upload foto ijazah atau skck yang aseli tapi nanti waktu di kantor kemenlu nya kita bawa yang terjemhan tetap berlaku tidak ya?

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. sepertinya enggak. hanya dokumen yang kamu upload yang nanti bisa diterima oleh kemham / kemlu.

      Supprimer
  30. Halo mbak, saya tetap nga paham untuk legalisir dokumen yang aslinya bahasa indonesia. Jadi saya harus legalisir surat belum kawin yang saya dapat dari disdukcapil. Saya perlu legalisasi untuk tujuan supralegalisasi di kedutaan rumania. Apakah saya perlu menerjemahkan dokumen ini ke sworn translater dulu, lalu legalisir terjemahan ini (bahasa inggris) di kedua mentri? atau harus legalisir dokumen asli dulu di kedua mentri, lalu menerjemahkannya ke bahasa inggris? kalo gitu, Supralegalizasinya jadi di atas yang asli atau inggris?? bingung sekali.

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. legalisir dulu dok.asli di kedua kementrian, baru terjemahkan oleh sworn translator, lalu legalisir di kedutaan ybs.

      Supprimer
  31. Bonjour mba Elika,

    Makasih atas informasinya, sangat membantu sekali,... Saya ada pertanyaan berhubung akte saya jadul ( kelahiran 1978 ) :) Apakah harus diperbaharui?? Karena saya meminta teman saya untuk menguurus legalisir tapi dilempar sana sini dan terakhir di kantor capil jakarta barat ,mereka menganjurkan membuat akte baru,... Aduuh pusing akuuu,.... Sedangkan posisi saya ada di Prancis.
    Mohon pencerahannya,... Merci bonne journéé

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Halo mbak, maaf baru membalas. Memang kalo akta lama ada baiknya diperbarui dulu di capil, supaya akta yang baru sudah di tandatangani oleh pejabat terbaru yang sudah terdaftar di kemenkumham dan kemenlu. Jadi memudahkan utk melakukan legalisir nya, mbak.

      Perbarui akta ga lama kok, tp memang tergantung capil masing2. Waktu itu saya perbarui akte 1992 tahun 2017 di capil malassar hanya butuh 5 hari kerja. Senin masukkin dokumen ke capil, Senin depannya akta baru sudah bs diambil. Biaya gratis.

      Persyaratan pembaruan akta lahir kurang lebih seperti :
      - akte lama asli (nanti ini diambil oleh capil)
      - KTP asli dan fotocopy (asli hanya ditunjukkan)
      - KK asli dan fotocopy (idem)
      - Ijazah terakhir fotocopy

      Semoga membantu, merci et bonne journée

      Supprimer
  32. Hai Mbak Elika, terima kasih untuk informasinya yang sangat bermanfaat.

    Satu pertanyaan, jika akte kelahiran sudah dwi bahasa, masihkah diperlukan terjemahannya lagi untuk dilegalisir? Atau cukup akte kelahiran dwi bahasa tadi yang dilegalisir.
    Terima kasih sebelumnya. :)

    RépondreSupprimer
    Réponses
    1. Halo, terimakasih sudah membaca :)
      Setau saya, akte dwibahasa (bahasa indonesia dan bahasa inggris) oleh disdukcapil dijadikan satu halaman di akte asli. Kalo case nya seperti ini, ya legalisir sekali saja, yaitu akte asli yg dilegalisir.
      Kecuali mbak/mas menerjemahkan ke bahasa selain inggris. Sudah saya jelaskan diatas. Trimakasih.

      Supprimer
  33. kota-kota yang bisa melakukan legalisisir baik dari kemenlu dan kemenkuham hanya di jakarta ya???

    RépondreSupprimer
  34. mb kalo lterjemah dan legalisir kartu keluarga harus ,bolak balik 2 lembar atau halaman depan saja bisa

    RépondreSupprimer
  35. Halo,
    Akte kelahiran yang dimaksud salinan Lengkap akte kelahiran yah?

    RépondreSupprimer
  36. Hi Mba, thanks for sharing :)
    Untuk legalisir akte, apa sebelum ke Kemenkumham kita perlu ke Disdukcapil dulu ya?

    RépondreSupprimer
  37. Maaf mbk mau tanya, klo legalisir ny scr online berarti dokumennya kita scand ya

    RépondreSupprimer
  38. pagi mba

    Mba saya mhn info mengenai pengurusan perpanjangan visa istri, terima kasih

    RépondreSupprimer
  39. Kak kalau mau legalisasi ijazah, baguan instansi/lembaga kantor penerbit dokumennya apa? Kampusnya atau notaris?

    RépondreSupprimer

Enregistrer un commentaire

Articles les plus consultés